ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI
PEKERTI
Capaian Pembelajaran |
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Dosa
dan Pendamaian |
●
Peserta
didik memahami definisi dosa ●
Peserta
didik menjelaskan
akibat dosa, yaitu kematian rohani dan hukuman Allah.Peserta didik memahami penyataan khusus sebagai landasan
anugerah istimewa yang dikerjakan Allah dalam kehidupan orang percaya ●
Peserta
didik mengidentifikasi
kebutuhan akan seorang pendamai untuk mendamaikan hubungan antara manusia dan
Allah. ●
Peserta didik memahami konsep
keselamatan dan iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. ●
Peserta didik mengaplikasikan
iman dalam kehidupan sehari-hari, termasuk melakukan kehendak Allah dan
mewartakan Injil. ●
Peserta didik merefleksikan
pembelajaran dan bagaimana materi ini mempengaruhi kehidupan pribadi. |
Anugerah keselamatan dari
Allah |
●
Peserta didik memahami identitas
Yesus Kristus sebagai Firman yang bersama Allah dan sebagai Allah sendiri. ●
Peserta
didik menggali alasan Yesus mengambil rupa manusia dan mengorbankan
diri di kayu salib untuk keselamatan manusia. ●
Peserta didik mengidentifikasi
mengapa Yesus adalah satu-satunya jalan untuk keselamatan dan mengapa korban
bakaran tidak mencukupi. ●
Peserta didik
menerapkan pemahaman tentang keselamatan melalui Yesus Kristus dalam praktik
hidup sehari-hari dengan cara mengabarkan injil. ●
Peserta didik
merefleksikan pembelajaran dan dampaknya terhadap iman pribadi. |
Api
Penyucian |
●
Peserta
didik memahami
konsep dasar api penyucian dalam ajaran Katolik. ●
Peserta didik mengidentifikasi
latar belakang historis dan perkembangan ajaran api penyucian dalam Gereja
Katolik. ●
Peserta
didik mengerti tujuan dari api penyucian dan
bagaimana proses penyucian terjadi. ●
Peserta
didik menjelaskan peran Paus dan Gereja
Katolik dalam ajaran dan praktik api penyucian.Peserta didik memahami berbagai pemahaman tentang api
penyucian ●
Peserta
didik memahami praktik mendoakan orang yang telah
meninggal dan bagaimana hal ini berhubungan dengan ajaran api penyucian. ●
Peserta
didik merefleksikan ajaran api penyucian dan
dampaknya pada pemahaman keselamatan dalam ajaran Katolik. |
Penghakiman Allah |
●
Peserta didik memahami
konsep dasar penghakiman Allah dalam ajaran Katolik, termasuk pengertian
penghakiman pribadi dan umum. Peserta didik ●
Peserta didik menjelaskan
proses dan hasil penghakiman pribadi setelah kematian. ●
Peserta didik memahami
konsep penghakiman umum pada akhir zaman dan bagaimana itu melibatkan semua
manusia. ●
Peserta didik mengidentifikasi
dasar-dasar biblikal dan teologis yang mendukung ajaran tentang penghakiman
Allah. ●
Peserta didik menerapkan
ajaran tentang penghakiman Allah dalam kehidupan sehari-hari dan praktik
spiritual umat Katolik. ●
Peserta didik
merefleksikan pembelajaran tentang penghakiman Allah dan bagaimana hal ini
mempengaruhi iman pribadi. |
Capaian tujuan pembelajaran |
Alokasi waktu |
Profile belajar pancasila |
Materi |
Kata Kunci |
●
Memahami definisi
dosa ●
Menjelaskan
akibat dosa, dan hukuman ●
Mengidentifikasi
kebutuhan akan seorang pendamai. ●
Memahami konsep keselamatan dan
iman kepada Yesus Kristus ●
Mengaplikasikan iman dalam
kehidupan sehari-hari, ●
Merefleksikan pembelajaran dan
bagaimana materi ini mempengaruhi kehidupan pribadi. |
8
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Dosa,
asal-usul dan dampak |
●
Dosa ●
Hukuman ●
Pendamian ●
Iman ●
Tuhan Yesus Kristus |
●
Memahami identitas Yesus Kristus
sebagai Firman ●
Menggali
alasan Yesus mengambil rupa manusia dan kematian-Nya. ●
Mengidentifikasi mengapa Yesus
jalan keselamatan ●
Menerapkan pemahaman
tentang keselamatan melalui Yesus Kristus ●
Merefleksikan
pembelajaran dan dampaknya terhadap iman pribadi. |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Tuhan
Yesus Kristus sebagai Firman dan manusia, pengorbanan-Nya. |
●
Tuhan Yesus Kristus ●
Firman ●
Rupa ●
Manusia |
●
Memahami identitas Yesus Kristus
sebagai Firman yang bersama Allah dan sebagai Allah sendiri. ●
Menggali
alasan Yesus mengambil rupa manusia dan kematian-Nya. ●
Mengidentifikasi Yesus jalan keselamatan. ●
Menerapkan pemahaman
tentang keselamatan melalui Yesus Kristus. ●
Merefleksikan
pembelajaran dan dampaknya terhadap iman pribadi.t |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Konsep, sejarah, ajaan
dan tujuan Api Penyucian |
●
Api penyucian ●
Jiwa ●
Paus |
●
Peserta didik memahami
konsep dasar penghakiman Allah dalam ajaran Katolik, termasuk pengertian
penghakiman pribadi dan umum. Peserta didik m ●
Peserta didik menjelaskan
proses dan hasil penghakiman pribadi setelah kematian. ●
Peserta didik memahami
konsep penghakiman umum pada akhir zaman dan bagaimana itu melibatkan semua
manusia. ●
Mengidentifikasi
dasar-dasar biblikal dan teologis tentang penghakiman |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Penghakiman
umum dan pribadi dan doa bagi jiwa-jiwa. |
●
Penghakiman ●
Doa ●
Kehidupan sehari-hari |
Belum ada Komentar untuk " ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI "
Posting Komentar