ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KELAS 9
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI
PEKERTI
Capaian Pembelajaran |
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Kumpulan
Doa Katolik |
●
Peserta
didik memahami definisi doa ●
Peserta
didik menjelaskan
doa dalam konteks gereja Katolik, termasuk peran dan maknanya dalam
kehidupan iman ●
Peserta
didik dapat
menyebutkan jenis-jenis doa Katolik ●
Peserta didik memahami struktur
doa gereja Katolik |
Tujuh
Sakramen |
●
Peserta
didik memahami arti dan fungsi sakramen ●
Peserta
didik mengenal
tujuh sakramen, mengidentifikasi dan menjelaskan makna dari setiap sakramen ●
Peserta
didik dapat
menggambarkan praktik dan simbolisme dari setiap sakramen ●
Peserta didik dapat merefleksikan
bagaimana sakramen mempengaruhi kehidupan mereka secara pribadi dan dalam
komunitas gereja |
Beribadah
Kepada Allah |
●
Peserta
didik memahami arti ibadah ●
Peserta
didik mengetahui
dan memahami tujuan ibadah ●
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan elemen-elemen dalam ibadah ●
Peserta didik mempraktekkan
elemen-elemen ibadah baik secara pribadi maupun ibadah secara bersama-sama ●
Peserta didik dapat merefleksikan
bagaimana ibadah mempengaruhi
kehidupan mereka secara pribadi dan dalam komunitas gereja |
Persembahan Yang Berkenan |
●
Peserta
didik memahami arti pesembahan ●
Peserta
didik mengetahui
jenis-jenis persembahan ●
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan peran persembahan dalam liturgi ●
Peserta didik mempraktekkan
persembahan dengan memberi yang terbaik bagi Allah |
Capaian tujuan pembelajaran |
Alokasi waktu |
Profile belajar pancasila |
Materi |
Kata Kunci |
●
Memahami definisi
doa ●
Menjelaskan
doa dalam konteks gereja Katolik, termasuk peran dan maknanya dalam
kehidupan iman ●
Menyebutkan
dan merefleksikan jenis-jenis doa Katolik ●
Memahami struktur doa gereja
Katolik. |
8
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Doa,
jenis dan struktur beserta makna |
●
Doa ●
Rosario |
●
Memahami
arti dan
fungsi sakramen ●
Mengenal
tujuh sakramen, mengidentifikasi dan menjelaskan makna dari setiap sakramen ●
Menggambarkan
praktik dan simbolisme dari setiap sakramen ●
Merefleksikan
bagaimana sakramen mempengaruhi kehidupan mereka secara pribadi dan dalam
komunitas gereja |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Tujuh
sakramen, makna simbolis sakramen dan menggambarkan praktik sakramen. |
●
Sakramen ●
Simbolis ●
Ibadah |
●
Memahami arti
ibadah ●
Mengetahui
dan memahami tujuan ibadah ●
Mendeskripsikan
elemen-elemen dalam ibadah ●
Mempraktekkan elemen-elemen
ibadah baik secara pribadi maupun ibadah secara bersama-sama ●
Merefleksikan bagaimana
ibadah mempengaruhi kehidupan mereka
secara pribadi dan dalam komunitas gereja |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Ibadah, elemen dan
tujuan beribadah |
●
Ibadah ●
Elemen ●
Komunitas ●
Gereja |
●
Memahami arti
pesembahan ●
Mengetahui
jenis-jenis persembahan ●
Mendeskripsikan
peran persembahan dalam liturgi ●
Mempraktekkan
persembahan dengan memberi yang terbaik bagi Allah |
7
JP |
●
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia ●
Mandiri ●
Bernalar kritis ●
Kreatif ●
Bergotong-royong ●
Berkebinekaan global. |
Penghakiman
umum dan pribadi dan doa bagi jiwa-jiwa. |
●
Persembahan ●
Berkat ●
Liturgi ●
Sedekah |
Belum ada Komentar untuk "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KELAS 9"
Posting Komentar