LAPORAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA - OLEH MARISSA ARTHA
TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD
1. ASESMEN FORTOFOLIO
a. Rancangan Perencanaan Asesmen Portofolio
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 1/1
Tema 3 :
Kegiatanku
Subtema 3 : Kegiatan Sore Hari
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran : PPKn
Langkah-langkah
dalam perencanaan yaitu menentukan:
A. Tujuan:
Dengan melihat lingkungan sekitar, siswa dapat memahami contoh penerapan
pemanfaatan biji-bijian untuk membuat kolase tata tertib dirumah dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
B. Tugas
siswa:
Membuat karya seni/kolase memanfaatkan
bagian-bagian tumbuhan (biji-bijian) tentang tata tertib dirumah
dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahan seperti koran, video, majalah
gambar kolase biji-bijian, internet dan alam sekitarnya.
C.
Rancangan jadwal pelaksanaan:
No |
Uraian Kegiatan |
Keterangan |
1. |
Mencari sumber bahan kolase |
Internet, majalah dan koran dan alam sekitarnya. |
2. |
Menyiapkan alat dan bahan seperti biji-bijian,
kertas gambar, pensil, penghapus, gunting, lem, dan bahan alam lainnya, cat
air. |
Pengerjaan dilakukan dirumah |
3. |
Proses pembuatan kolase |
Menulis aturan dirumah dengan Bijian-bijian
ditempel dalam kertas
dan diberikan pendapat yang jelas |
4. |
Pengumpulan karya seni kolase |
Berlangsung saat pembelajaran berikutnya. |
5. |
Presentasi
hasil karya |
Hasil
yang dibuat akan dipresentasikan di depan teman-teman sekelas
|
6. |
Pameran
hasil karya |
Hasil
karya yang telah dibuat akan dipamerkankan saat berakhirnya dan kemudian di media sosial |
Penyusunan
Asesmen Portofolio
1. Menentukan kriteria penilaian:
Adapun kriteria yang akan dinilai dalam pembuatan kolase yaitu:
o Kreatif masing-masing anak pada saat proses pembuatan di
videokan dan di foto.
o Kesesuaian penyajian keterangan kolase.
o Ketepatan mengumpulkan tugas. Kolase ini dikumpulkan saat
jadwal pembelajaran berikutnya.
o Kerapian
o Keterangan kalimat sesuai gambar yang dipaparkan jelas
2. Menginformasikan tahapan pelaksanaan tugas
Tahapan pelaksanaan tugas ini akan dijelaskan kepada siswa yaitu:
§
Siswa
memahami makna penerapan pemanfaatan biji-bijian dalam pembuatan kolase tata
tertib dirumah dalam kehidupan sehari-hari
§
Guru
menjelaskan bahwa gambar yang disajikan minimal 5 buah beserta penjelasan
gambar tersebut.
§
Siswa
menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti mencari sumber bahan kolase
melalui lingkungan alam sekitarnya seperti biji-bijian, majalah maupun
internet.
§
Setelah
alat dan bahan siap siswa melakukan proses pembuatan kolase.
3.
Menentukan
sistem penilaian dan tindak lanjut
Ø
Tugas
kolase dikumpulkan pada pembelajaran berikutnya.
Ø
Siswa
akan melaksanakan kreativitas pembuatan video dan presentasi terkait hasil yang
telah dibuat
Ø
Guru
dan siswa yang lain memberikan umpan balik terhadap karya yang telah dibuat.
Ø
Setelah
semua siswa melakukan presentasi maka kegiatan pameran hasil karya dilakukan
saat berakhirnya pembelajaran.
Ø
Tugas
kolase dan tugas portofolio lainnya saat berakhir pembelajaran akan di pamerkan
sebagai hasil karya anak di media sosial dan dikelas.
Ø
Hasil
karya siswa yang menunjukkan perkembangan dalam mencapai tujuan pembelajaran
dikumpulkan dan disimpan sebagai bukti pencapaian hasil belajar.
E. Rubrik Penilaian Portofolio
Ø
Mata pelajaran : PPKn
Ø
Tugas : Membuat kolase tentang pemanfaatan biji-bijian pembuatan tata tertib dirumah dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Nama siswa : ………………..
Ø
No : ………………..
Rubrik
Penilaian Kemampuan Siswa Membuat Kolase Apek kinerja
Aspek/ Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Karya |
Ukuran gambar sesuai, berwarna dan jelas |
Ukuran gambar sesuai, tidak berwarna dan jelas |
Ukuran gambar sedang, berwarna atau tidak dan jelas |
Ukuran gambar kecil, berwarna atau tidak dan jelas
|
Kerapian
pembuatan/ Hasil |
Rapi, sistematis, penuh dengan kreativitas (penataan
bidang tempel, pewarnaan, pemakaian huruf) |
Cukup rapi, sistematis dan kreatifitas cukup baik |
Kurang rapi, dan kurang menarik |
Hasil menggunting dan menempel gambar berantakan dan
kotor |
Ketepatan
pengumpulan |
Dikumpulkan tepat waktu 3 hari |
Dikumpulkan lewat 3 hari atau beberapa hari dari hari
pengumpulan |
Dikumpulkan lewat 1 minggu setelah batas waktu ditentukan |
Dikumpulkan lewat batas dan tenggang waktu |
* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di
setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan
seterusnya.
2. Penilaian Afektif
A.
Rancangan
perencanaan penilaian afektif
Satuan
Pendidikan : SD Bintang
Timur
Kelas/Semester :
1 /1
Tema 4 :
Kegiatanku
Subtema 3 :
Kegiatan Sore Hari
Pembelajaran :
6
Mata Pelajaran :
PPKn
Langkah-langkah
dalam perencanaan yaitu
menentukan:
A.
Tujuan
·
Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang
sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
·
Siswa mampu menerapkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan
yang berlaku di rumah.
B.
Penyusunan
penilaian afektif
1.
Setelah
perencanaan selesai langkah selanjutnya menyusun kisi-kisi intrumen
Kisi-kisi tata tertib di
rumah
Variabel |
Dimensi |
Indikator |
No Item |
Jumlah |
|
Sangat Baik |
Kurang Baik |
||||
Sikap menaati
peraturan |
Disiplin dan teratur Mandiri dan Tanggung jawab terhadap tata
tertib dirumah |
Menerapkan
perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah |
1 |
2 |
2 |
Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah |
3 |
4 |
2 |
||
|
Menggunakan lampu seperlunya |
5 |
6 |
2 |
|
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
5 |
6 |
2 |
||
Menunjukkan kegiatan sore hari sesuai
dengan aturan yang berlaku di rumah |
9 |
10 |
2 |
||
Jumlah |
5 |
5 |
10 |
Penyusunan instrumen sikap mematuhi tata
tertib dirumah
No. |
Butir Pernyataan |
SB |
B |
C |
K |
|
1. |
Saya mematuhi
orangtua |
|
|
|
|
|
2. |
Saya setiap hari menyiram tanaman |
|
|
|
|
|
3. |
Setelah saya
bermai saya pulang Kerumah untuk mandi |
|
|
|
|
|
4. |
Saya
biasanya membersihkan Rumah dengan menyapu |
|
|
|
|
|
5. |
Sebelum tidur saya belajar |
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Sikap :
a. Observasi selama kegiatan mematuhi peraturan
No |
Nama siswa |
Perubahan tingkah laku |
|||||||||||
Teratur |
Disiplin |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Ade |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Marlon |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Adit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Memberikan
penjelasan siswa untuk cara mengisi kuesioner
·
Memberikan penjelasan kepada siswa tentang
petunjuk pengerjaan
·
Cara menjawab dengan jalan memberi tanda silang
pada salah satu kolom : K (kurang, C (cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik).
·
Waktu pengerjaan 60 Menit
Rubrik Penilaian
Afektif
Rubrik penilaian sikap terhadap tata tertib di
rumah
Jenis
Pernyataan |
Kriteria Pernyataan |
|||
K |
C |
B |
SB |
|
Sangat Baik |
1 |
2 |
3 |
4 |
Kurang Baik |
4 |
3 |
2 |
1 |
Keterangan :
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik.
Nilai Akhir = Skor
yang diperoleh x 100
Skor maksimal ideal
Belum ada Komentar untuk "LAPORAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA - OLEH MARISSA ARTHA"
Posting Komentar