TRENDING

LAPORAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA - OLEH MARISSA ARTHA

 

TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD

 

1. ASESMEN FORTOFOLIO

a. Rancangan Perencanaan Asesmen Portofolio

Satuan Pendidikan      : SD

Kelas/Semester            : 1/1

Tema 3                        : Kegiatanku

Subtema 3                   : Kegiatan Sore Hari

Pembelajaran               : 4

Muatan Pelajaran        : PPKn

 


Langkah-langkah dalam perencanaan yaitu menentukan:

A.      Tujuan:

Dengan melihat lingkungan sekitar, siswa dapat memahami contoh penerapan pemanfaatan biji-bijian untuk membuat kolase tata tertib dirumah dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

B.       Tugas siswa:

Membuat karya seni/kolase memanfaatkan  bagian-bagian  tumbuhan  (biji-bijian) tentang tata tertib dirumah dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahan seperti koran, video, majalah gambar kolase biji-bijian, internet dan alam sekitarnya.

 

C.       Rancangan jadwal pelaksanaan:

 

No

Uraian Kegiatan

Keterangan

1.

Mencari sumber bahan kolase

Internet, majalah dan koran dan alam sekitarnya.

2.

Menyiapkan alat  dan bahan seperti biji-bijian, kertas gambar, pensil, penghapus, gunting, lem, dan bahan alam lainnya, cat air.

 

Pengerjaan dilakukan dirumah

3.

Proses pembuatan kolase

Menulis aturan dirumah dengan Bijian-bijian ditempel dalam kertas dan diberikan pendapat yang jelas

4.

Pengumpulan karya seni kolase

Berlangsung saat pembelajaran berikutnya.

5.

Presentasi hasil karya

Hasil yang dibuat akan dipresentasikan di depan teman-teman sekelas

6.

Pameran hasil karya

Hasil karya yang telah dibuat akan dipamerkankan saat berakhirnya dan kemudian di media sosial

     




Penyusunan Asesmen Portofolio

1. Menentukan kriteria penilaian:

Adapun kriteria yang akan dinilai dalam pembuatan kolase yaitu:

o  Kreatif masing-masing anak pada saat proses pembuatan di videokan dan di foto.

o  Kesesuaian penyajian keterangan kolase.

o  Ketepatan mengumpulkan tugas. Kolase ini dikumpulkan saat jadwal pembelajaran berikutnya.

o  Kerapian

o  Keterangan kalimat sesuai gambar yang dipaparkan jelas

2. Menginformasikan tahapan pelaksanaan tugas

Tahapan pelaksanaan tugas ini akan dijelaskan kepada siswa yaitu:

§  Siswa memahami makna penerapan pemanfaatan biji-bijian dalam pembuatan kolase tata tertib dirumah dalam kehidupan sehari-hari

§  Guru menjelaskan bahwa gambar yang disajikan minimal 5 buah beserta penjelasan gambar tersebut.

§  Siswa menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti mencari sumber bahan kolase melalui lingkungan alam sekitarnya seperti biji-bijian, majalah maupun internet.

§  Setelah alat dan bahan siap siswa melakukan proses pembuatan kolase.

 

3.      Menentukan sistem penilaian dan tindak lanjut

Ø  Tugas kolase dikumpulkan pada pembelajaran berikutnya.

Ø  Siswa akan melaksanakan kreativitas pembuatan video dan presentasi terkait hasil yang telah dibuat

Ø  Guru dan siswa yang lain memberikan umpan balik terhadap karya yang telah dibuat.

Ø  Setelah semua siswa melakukan presentasi maka kegiatan pameran hasil karya dilakukan saat berakhirnya pembelajaran.

Ø  Tugas kolase dan tugas portofolio lainnya saat berakhir pembelajaran akan di pamerkan sebagai hasil karya anak di media sosial dan dikelas.

Ø  Hasil karya siswa yang menunjukkan perkembangan dalam mencapai tujuan pembelajaran dikumpulkan dan disimpan sebagai bukti pencapaian hasil belajar.

 

 

 

E.  Rubrik Penilaian Portofolio

 

Ø Mata pelajaran      : PPKn

Ø Tugas                    : Membuat kolase tentang pemanfaatan biji-bijian pembuatan tata tertib                       dirumah dalam kehidupan sehari-hari

Ø Nama siswa          : ………………..

Ø No                        : ………………..

 

Rubrik Penilaian Kemampuan Siswa Membuat Kolase Apek kinerja

 

Aspek/ Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Karya

Ukuran gambar sesuai, berwarna dan jelas

Ukuran gambar sesuai, tidak berwarna dan jelas

Ukuran gambar sedang, berwarna atau tidak dan jelas       

Ukuran gambar kecil, berwarna atau tidak dan jelas  

Kerapian pembuatan/ Hasil

 

Rapi, sistematis, penuh dengan kreativitas (penataan bidang tempel, pewarnaan, pemakaian huruf)

Cukup rapi, sistematis dan kreatifitas cukup baik

Kurang rapi, dan kurang menarik

Hasil menggunting dan menempel gambar berantakan dan kotor

Ketepatan pengumpulan

 

Dikumpulkan tepat waktu 3 hari

Dikumpulkan lewat 3 hari atau beberapa hari dari hari pengumpulan

Dikumpulkan lewat 1 minggu setelah batas waktu ditentukan

Dikumpulkan lewat batas dan tenggang waktu

 

* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.

 

 

2. Penilaian Afektif

A.    Rancangan perencanaan penilaian afektif

Satuan Pendidikan      : SD Bintang Timur

Kelas/Semester            : 1 /1

Tema 4                        : Kegiatanku

Subtema 3                   : Kegiatan Sore Hari

Pembelajaran               : 6

Mata Pelajaran            : PPKn

 

Langkah-langkah dalam perencanaan yaitu menentukan:

A.    Tujuan

·         Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

·         Siswa mampu menerapkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah.

 

B.     Penyusunan penilaian afektif

1.      Setelah perencanaan selesai langkah selanjutnya menyusun kisi-kisi intrumen

 

Kisi-kisi tata tertib di rumah

Variabel

 

Dimensi

Indikator

No Item

Jumlah

Sangat Baik

Kurang Baik

Sikap menaati peraturan

Disiplin dan teratur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mandiri dan Tanggung jawab terhadap tata tertib dirumah

Menerapkan perbuatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1

2

 

2

Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3

4

2

 

Menggunakan lampu seperlunya

 

5

6

2

 

Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Menunjukkan kegiatan sore hari sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah

 

 

9

10

2

                          Jumlah  

5

5

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan instrumen sikap mematuhi tata tertib dirumah

 

No.

Butir Pernyataan

SB

B

 C

K

 

1.

 

Saya mematuhi orangtua

 

 

 

 

 

 

2.

 

Saya setiap hari menyiram tanaman

 

 

 

 

 

 

3.

 

Setelah saya bermai saya pulang

Kerumah untuk mandi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

Saya biasanya membersihkan

Rumah dengan menyapu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

Sebelum tidur saya belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Penilaian Sikap :

a.    Observasi selama kegiatan mematuhi peraturan

 

No

Nama siswa

 Perubahan tingkah laku

Teratur

Disiplin

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Ade

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Marlon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Adit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3) Memberikan penjelasan siswa untuk cara mengisi kuesioner

·         Memberikan penjelasan kepada siswa tentang petunjuk pengerjaan

·         Cara menjawab dengan jalan memberi tanda silang pada salah satu kolom : K (kurang, C (cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik).

·         Waktu pengerjaan 60 Menit

 

 

 

Rubrik Penilaian Afektif

 

Rubrik penilaian sikap terhadap tata tertib di rumah

Jenis Pernyataan

Kriteria Pernyataan

K

C

B

SB

Sangat Baik

 

1

 

2

3

4

Kurang Baik

4

 

3

2

1

 

Keterangan :

K         : Kurang

C         : Cukup

B         : Baik

SB       : Sangat Baik.

 

Nilai Akhir =  Skor yang diperoleh x 100

                                                                  Skor maksimal ideal

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "LAPORAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA - OLEH MARISSA ARTHA"

Posting Komentar

ARTIKEL YANG SERING DIBACA

ARSIP PUSTAKA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel