TRENDING

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL S1 PGSD UNIVERSITAS DENPASAR - MARISSA ARTHA

 LAPORAN TUGAS

TUGAS MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS DI SD



Apakah perbedaan dan persamaan antara ilmu social dengan ilmu pengetahuan sosial?

Ilmu sosial adalah ilmu yang didasari berdasarkan suatu nilai dalam berkependudukan yang bertempat di suatu negara. Sedangkan ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial di dalam masyarakat.

Perbedaan antara keduannya adalah:

Ilmu sosial diberikan di perguruan tinggi, sedangkan pengetahuan sosial diberikan hanya di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.

Ilmu sosial merupakan satu matakuliah yang tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran ataupun untuk sekolah lanjutan.

Ilmu sosial lebih tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan antara keduanya adalah :

Kedua-duanya sama-sama merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.

Keduanya bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial. 

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan sebagai value based dalam pengajaran IPS?

Value based dalam pengajaran IPS adalah Pembelajaran IPS tidak hanya concern pada fakta-fakta, peristiwa, konsep, dan generalisasi IPS semata, melainkan lebih memfokuskan pada etika di balik topik-topik yang dikaji yang memungkinkan peserta didik membahas isu-isu kontroversial yang menyediakan arena untuk refleksi bagi pengembangan kebajikan dan nilai-nilai sosial. Belajar IPS berbasis nilai seperti ini menyadarkan siswa akan potensi pembelajaran pada implikasi kebijakan sosial yang dengan demikian melatih siswa berpikir kritis dan membuat keputusan terhadap beberapa isu-isu sosial.

Sebutkan dan jelaskan tahapan-tahapan siswa kelas 5 dan 6 yang mengacu pada penahapan perkembangan nilai menurut Kholberg?

Tahapan-tahapan siswa kelas 5 dan 6 mengacu pada tingkat konvensional yang terdiri dari 2 tahap sebagai berikut :

Tahap 3 : pada tahap ini penalaran anak beranggapan bahwa tingkah laku yang baik adalah yang menyenangkan atau membantu orang-orang lain dan mendapat persetujuan dari mereka. Agar menjadi “anak yang manis”

Tahap 4 : tahap orientasi hukum dan ketertiban. Bertindak moral berdasarkan rasa hormat kepada pemegang otoritas (pemerintah, atasan, penguasa) serta peraturan-peraturan yang sudah pasti, dan berusaha memelihara ketertiban masyarakat.

Peserta didik kelas 5 dan 6 perlu mendapat perhatian guru dalam mengembangkan pendidikan nilai di sekolah.

Jelaskan dan berikan contoh manfaat yang dirasakan setelah penerapan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional!

Penerapan Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional

bermanfaat mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, contoh sepertinya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Jelaskan perbedaan yang esensial tujuan dan manfaat belajar IPS dengan bidang studi yang lain!

Esensisial tujuan dan manfaat belajar IPS dengan bidang studi yang lain.

Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.

Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.

Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.

Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakatyang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global.

Manfaat belajar IPS

Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat.

Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian.

Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut.

Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

 


Belum ada Komentar untuk "ILMU PENGETAHUAN SOSIAL S1 PGSD UNIVERSITAS DENPASAR - MARISSA ARTHA"

Posting Komentar

ARTIKEL YANG SERING DIBACA

ARSIP PUSTAKA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel